The most ironic part is….

“Lo nggak bisa menggeneralisasikan semua orang. Karena pada dasarnya semua orang itu nggak sama. Lo ga bisa men-judge mereka gitu aja dan menyamakan mereka semua. LO HARUS TAU APA ALASAN MEREKA.”

(Saya–menanggapi ucapan salah seorang teman yang menurut saya terlalu berlebihan dalam menilai orang)

Dan, setelah mengucapkan kalimat panjang dengan penuh penekanan dan emosi yang meluap-luap ini, saya nangis. Iya nangis, beneran. Sesenggukan sepanjang jalan dari parkiran mobil FIB sampe Perpustakaan Pusat UI yang kece *alah*

So, at this point, how could I not be harsh to myself? Saya jadi merasa lemah aja sebagai wanita. Mungkin kesannya sepele, toh wanita memang biasa meluapkan perasaannya dengan menangis. Tapi tidak berlaku untuk saya. Menangis di depan umum, apalagi di depan teman-teman sejurusan yang ibarat kata masih ‘baru’, menurut saya tuh memalukan banget. BIG NO, NO!

Oke, sindrom mens emang membuat wanita jadi tampak konyol. Sensitif berlebihan, marah-marah gaje, dan…ah you name it lah.

Sedari awal, saya memang tertarik sekali dengan keunikan individu. Bahwa masing-masing individu memang tidak bisa disamakan. Nah, makanya saya paling nggak suka untuk menggeneralisasikan seseorang karena pada dasarnya saya juga nggak mau disamakan dengan orang lain. Kita ini unik dan berbeda!

Makanya, begitu denger komentar teman saya (yang terkesan terlalu menghakimi dan memberi label pada teman lain), sontak saya langsung meledak. Oke, saat itu saya juga salah karena bicara pake emosi dan udah melanggar hak teman saya untuk berkomentar, tapi…ah. I’ve heard that shit too many times before dan saya masih kesel sampe sekarang.

And the ironic part is…kenapa saya harus nangis?

Leave a Reply

