It’s a long way

Untuk pertama kalinya dalam sejarah kehidupan saya yang baru delapan belas tahun ini, akhirnya saya menampilkan foto-foto amatiran hasil karya saya. Yea, I love photographs. I started to love photographs when someone from my past teached me how to take a picture. Ya, dia sosok manusia yang ahli dalam fotografi dengan didikan semesta alias otodidak. Dia memotret layaknya bernapas, terus-menerus secara kontinu, berulang-ulang. Kamera tak pernah lepas dari ranselnya. Don’t think, just shoot. Itu motto yang dia pegang sebelum aturan lomografi yang fenomenal mulai dikenal. Saya banyak belajar. Meskipun foto yang saya hasilkan belum sekeren milikinya. Dan yang paling saya ingat adalah rules pribadi miliknya yang selalu dia katakan setiap memotret.

“Fotografi itu memerlukan kedekatan dengan objek. Harus benar-benar dekat dulu, baru foto yang dihasilkan memiliki nyawa.”

atau

“Tahan napas sejenak saat menekan tombol shutter, supaya foto yang dihasilkan tidak blur.”

Sometimes I wish I were a photographer. Bukan yang handal, yang biasa aja namun bisa memberi nyawa pada sebuah foto. I wish I could show to everyone what kind of world i see through my point of view, and let those pictures speak about their own stories.

Semua foto di atas saya ambil dalam perjalanan dari Depok menuju Tangerang yang lancar dan sesekali diselingi kemacetan. Objek keseluruhan adalah gedung dan jalan raya. Tapi, saya hanya menyukai jalan raya. Kenapa? Jalan raya itu mengejutkan. Kita tidak pernah bisa memprediksi akan lancar atau tersendat. Jalan raya itu terlihat tak berujung, namun nyatanya suatu saat kita akan menemui sebuah jalan buntu. Dan satu lagi, kita tidak pernah bisa menebak apa yang sedang menunggu kita di ujung jalan tersebut.

Sama seperti kehidupan.

4 thoughts on “It’s a long way

Leave a Reply

