Kepada:
Kalian yang menganggap dirinya ‘Indonesia’

Memangnya kenapa kalau mata saya sipit? Memangnya kenapa kalau alis saya tipis? Memangnya kenapa kalau kulit saya putih, tidak cokelat seperti kalian? Apakah itu artinya saya tidak Indonesia? Apakah kalian menyebut saya ‘orang Cina’ hanya karena wajah saya yang ‘nggak seperti orang Indonesia’? Memangnya kalian siapa? Kalian siapa sampai berani memutuskan ke-Indonesia-an seseorang berdasarkan fisiknya? Kalian pejuang kemerdekaan? Kalian pernah ikut berperang melawan penjajah? Kalian yang ikut memutuskan mau dibawa ke mana negeri kita ini saat masa reformasi dulu? Iya?

Mengapa pikiran kalian begitu sempit? Mengapa kalian dengan mudahnya menilai seseorang hanya dari permukaannya saja? Basi. Kalian basi. Mungkin saat membaca tulisan ini, kalian bisa dengan mudahnya menyangkal ‘hai, kami bercanda. jangan marah gitu dong’. Tapi, maaf. Bagi saya ini bukan candaan. Lelucon kalian tidak lucu. Kalian tahu bagaimana sakitnya saya saat harus tertawa menanggapi lelucon sampah kalian sambil meringis dalam hati? Iya, saya tidak suka. Saya benci.

Kalau kalian membaca tulisan ini, saya harap kalian sadar. Saya Puji Eka Lestari. Saya orang Indonesia. Saya lahir di Tangerang. Mata saya sipit, alis saya tipis, dan ya wajah saya memang oriental. Bagaimanapun juga, saya orang Indonesia dan saya tidak suka kalau kalian menggunakan ras sebagai bahan candaan. Sudah tahun 2013 dan pikiran kalian belum juga terbuka? Kasihan. Perlu saya ajari?

Sekian.

Notes:

Jangan kaget kalau saya menulis dengan penuh kemarahan seperti ini. Saya hanya ingin menumpahkan himpitan perasaan yang menggumpal dalam dada. Bahaya kalau nggak cepat-cepat dikeluarkan. Nanti kalau saya marah, kalian sendiri yang susah. Daaaah.

#Halaman 73 dari 365

Leave a Reply

